Apa Yang Dilakukan Seorang Akuntan


Kegiatan dalam Akuntansi

Seperti yang dijabarkan diatas, akuntansi adalah adalah sekumpulan
proses yang berkaitan dengan proses keuangan yang terjadi pada
bisnis atau organisasi. Prosesnya terdiri dari mencatat, meringkas,
menganalisis, dan melaporkan data. Berikut adalah penjelasan keempat
proses tersebut.

Mencatat

 Proses pertama dan terpenting dalam sebuah proses akuntansi adalah
pencatatan berbagai transaksi yang dibuat dalam perusahaan. Ini
juga dapat disebut sebagai pembukuan yang merupakan proses
mengenali transaksi dan memasukannya sebagai catatan.
Pembukuan hanya berkaitan dengan segmen pencatatan dan tidak
ada yang lain. Dalam akuntansi sendiri biasanya terdiri dari banyak
pembukuan guna kepentingan pencatatan yang terperinci. Pemeliharaan
prosedur ini terjadi secara sistematis.
Berikut adalah 3 tahap pencatatan transaksi keuangan :
Menggunakan sistem yang akan membantu Anda dalam mengelola
catatan keuangan.
Melacak transaksi keuangan secara terperinci.
Menggabungkan laporan untuk menyajikan dalam satu set pada akhir
laporan keuangan.

Meringkas

Data mentah umumnya merupakan hasil pencatatan transaksi. Namun,
data mentah ini tidak terlalu penting bagi organisasi. Data mentah tidak
memiliki arti yang berarti dalam proses pengambilan keputusan.
Disinilah kerja seorang akuntan, membagi data mentah ini menjadi beberapa
kategori dan menerjemahkannya. Jadi setelah melakukan pencatatan
transaksi kemudian bisa ditindaklanjuti dengan meringkas.

Pelaporan

Urusan di perusahaan adalah sepenuhnya tanggung jawab manajemen.
Pemilik bisnis harus tahu tentang berbagai operasi yang terjadi dalam
perusahaan dan bagaimana perusahaan menggunakan uang mereka.
Untuk mengatasi hal ini, pemilik menerima laporan keuangan. Mereka
menerima laporan ini setiap bulanan, tiga bulanan dan  laporan tahunan
yang merangkum semua kinerja mereka.

Menganalisa

Pada akhirnya, menganalisa adalah akhir dari setiap proses yang
telah Anda lakukan. Setelah merekam dan ringkasan, sangat penting
untuk menarik kesimpulan dalam sebuah bisnis. Manajemen bertanggung
jawab untuk memeriksa poin positif dan negatif.
Oleh karena itu, untuk menganalisis semua ini, akuntansi memperkenalkan
konsep perbandingan. Membandingkan laba, penjualan, ekuitas, dan sebagainya
satu sama lain untuk menentukan dan menganalisis kinerja, mengambil
keputusan dan membuat pertumbuhan suatu organisasi bisnis