Kegiatan Manajemen Perkantoran
Kegiatan manajemen perkantoran dapat terlihat dari kegiatan tata usaha dimana tata usaha tidak hanya ada di dalam garis hirarik tapi juga sebagai kegiatan yang dilaksanakan pegawa tata usaha.Menurut Geoffrey Whitehead menyatankan bahwa kegiatan manajemen perkantoran terdapat 5 (lima) bidang utama, yaitu :
1. Kegiatan komunikasi
Dilihat dari sudut yang tertentu maka kantor adalah pusat komunikasi dimana didalam kantor menerima perintah, informasi serta laporan dari kantora lainnya dan setelah diselesaikan atau melakukan proses tersebut.Hal tersebut merupakan memo intern atau surat kepada pihak luar organisasi atau perusahaan.
2. Kegiatan kalkulasi
kalkulasi atau perhitungan merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dari kegiatan bisnis.Pada saat ini terdapat berbagai alat yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah perhitungan (kalkulasi) mulai dari mesin hitung tradisional hingga mesin hitung modern.
3. Pengelolaan warkat
Warkat sangat dibutuhkan didalam kegiatan bisnis yang ingin berjalan secara efektif dan efisien.Bahkan terkadang warkat tersebut dapat dipergunakan untuk membuktikan surat kontrak yang sudah dibuat atau janji yang sudah dikerjakan.
Hal ini menyebabkan warkat ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi perusahaan sehingga harus disusun dengan teliti agar dapat menghadapi permasalah dengan mudah.
Selain itu, warkat juga dapat membantu pemilik usaha untuk membandingkan pelaksanaan usaha saat ini dengan pelaksanaan usaha dimasa lalu.
Dengan tersistematisnya warkat tersebut akan menghindari perusahaan dari kebangkrutan.
4. Penyusunan laporan
Dasar dari kegiatan pelaporan adalah laporan dimana anggota staf mengetahui sesuatu yang tidak berada ditempatnya maka dia harus melaporkannya.Oleh sebab itu dibutuhkan prosedur rutin dari bagian-bagian kepala bagian atau manajer.
Dengan adanya bantuan dari prosedur-prosedur ini maka setiap laporan daat di analisa dan di pertimbangkan untuk menghadapi permasalahan yang terjadi.
0 Komentar